Sabtu, 01 Agustus 2009

Apa itu WWW ???

Bagaimana sejarah munculnya WWW????

Sejarah Web dimulai bulan Maret 1989 ketika Tim Berner-Lee yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa atau yang dikenal dengan nama CERN yang berada di Genewa, Swiss, mengajukan protokol (tata cara untuk berkomunikasi) sistem distribusi informasi Internet yang digunakan untuk berbagi informasi diantara fisikawan.
Protokol inilah yang selanjutnya dikenal sebagai protokol World Wide Web dan dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Sebagaimana diketahui, W3C adalah konsorsium dari sejumlah organisasi yang bekepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang berkaitan dengan Web.

Pengertian WWW ????

World Wide Web adalah apikasi yang paling menarik di Internet dan seperti e-mail aplikasi ini sangat penting dan banyak sekali digunakan. Dari www ini kita bisa mendapatkan informasi tidak hanya teks tetapi juga gambar maupun multimedia. Informasi yang diletakkan di www disebut dengan home page dan setiap home page mempunyai alamat masing-masing. Untuk dapat menarik perhatian pengguna sehingga pengguna akan sering mengunjungi home page ini, maka home page harus dirancang semenarik mungkin dan banyak terdapat informasi yang jelas. Nantinya masalah home page atau www ini akan diulas secara detail dalam bab-bab berikutnya.WWW (World Wide Web) adalah sebuah bagian dari internet yang sangat dikenal dalam dunia internet, dengan adanya WWW seorang dapat menampilkan sebuah halaman virtual yang disebut website.

World Wide Web atau WWW atau Web atau W3 merupakan layanan informasi global dimana orang dapat membaca dan menulis melalui komputer yang dikoneksikan ke Internet (wikipedia.org).
World Wide Web merupakan kombinasi dari 4 ide dasar:

Hypertext,
Adalah kemampuan untuk bergerak dari satu bagian dari dokumen ke bagian lain atau dari satu dokumen ke yang lain melalui koneksi internal pada dokumen tersebu ("hyperlinks");

Resource Identifiers,
Adalah kemampuan, dalam jaringan komputer, untuk melokasikan sebuah sumber (baik itu komputer, dokumen atau sumber lain) pada jaringan melalui pengenal yang unik.

Model komputer Klien-server,
Adanya proses request dari software klien atau komputer klien ke software server atau komputer server dimana server menyediakan kebutuhan klien berupa sumber atau layanan seperti data atau file

Markup language,
Adanya karakter atau kode yang ditempelkan ke text membuat komputer menjalankan fungsi/perintah untuk bagaimana melakukan print atau menampilkan text, seperti adanya tipe tulisan tebal atau miring.

Jika dilihat dari proses kerjanya WWW dapat dibagi menjadi beberapa komponen yaitu :
1. Protocol
2. Address
3. HTML (Hypertext Markup Language)
4. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
5. FTP (File Transfer Protocol)
7. Mailto
8. News
9. Telnet (Tele Networking)

WWW juga merupakan suatu sistem menciptakan pertukaran data di internet dengan mudah dan efisien. Yang terdiri dari 2 bagian yang utama yaitu:

*) Server Web. Komputer dan software yang menyimpan dan mendistribusikan data ke komputer lain lewat internet yang meminta informasi tersebut.

*) Browser Web. Software yang beroperasi di setiap komputer pribadi (client) yang meminta informasi dari server web dan menampilkannya sedemikian rupa sehingga datanya dapat langsung diakses.

Bagaimana proses kerjanya ???

Akses web page => mengetikkan URL, atau dengan mengikuti link hypertext.
Langkah pertama, behind the scenes, untuk nama server yang merupakan bagian dari URL harus diubah menjadi IP address global, pada database internet yang dikenal dengan Domain name system or DNS.
Langkah berikutnya adalah mengirimkan request HTTP ke server web pada alamat IP dari halaman yang dibutuhkan. Pada kebanyakan halaman web, text HTML, grafik dan file yang lain yang merupakan bagian dari halaman web akan di request dan dikembalikan ke klien (web browser) dengan cepat.
Kemudian tugas dari web browser adalah melakukan proses render dari halaman web seperti yang diberikan melalui HTML, CSS dan file lain yang diterima, termasuk gambar, link dan resoursce lain yang diperlukan. Hasilnya adalah on-screen 'page' yang dilihat oleh kita.

Apa saja Aplikasinya ???

Aplikasi website dapat dibagi menjadi:

Website Statis

Adalah jenis website yang kontennya tidak perlu dilakukan perubahan dan perawatan dilakukan secara manual oleh seseorang dengan menggunakan software editor.

Website Dinamis

Adalah sebuah website yang sering melakukan perubahan konten. Ketika web server menerima reques dari halaman yang diminta, halaman ini secara otomatis secara langsung akan di-generate oleh sebuah software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger