Minggu, 02 Agustus 2009

Apa itu Http ???

Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

Pengertian Http ????

HTTP Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna.

Web merupakan terobosan baru sebagai teknologi sistem informasi yang menghubungkan data dari banyak sumber dan layanan yang beragam macamnya di internet. Server dan browser web berkomunikasi satu sama lain dengan protokol yang memang dibuat khusus untuk itu, yaitu HTTP. HTTP bertugas menangani permintaan-permintaan dalam (request) dari browser untuk mengambil dokumen web.


HTTP bisa dianggap sebagai sistem yang bermodel sebagai client-server. Browser web, sebagai clientnya, mengirimkan permintaan kepada server web untuk mengirimkan dokumen web yang dikehendaki pengguna. Server web lalu memenuhi permintaan ini dan mengirimkannya melalui jaringan kepada browser.

Setiap permintaan akan ditangani dan dilayani sebagai suatu koneksi terpisah yang berbeda.
HTTP bekerja diatas TCP (Transmission Control Protocol) yang menjamin sampainya data di tujuan dalam urutan yang benar. Bila suatu kesalahan terjadi selama proses pengiriman , pihak pengirim akan mendapat pemberitahuan bahwa telah terjadi ketidakberesan.

Prinsip kerjanya ???

Protokol HTTP bekerja dalam satu siklus pendek request-response. Web server aktif di mesin server menanti permintaan (request) dari web browser di mesin client. Dalam penantiannya, web server denganmenunggu di port 80 atau 443 kalo sewaktu-waktu datang permintaan dari web browser. Bisa juga di port lain jika itu tidak standar.

Saat mesin client (dalam hal ini web browser) mengirimkan pesan permintaan (request) ke web server, maka permintaan tersebut akan diproses dan dijawab (response) sesuai dengan pengetahuan si web server. Misalnya, web browser meminta halaman “pertama.html”, maka web server akan mencarikan halaman yang diminta kemudian mengirimkan halaman tersebut sebagai jawaban (response). Sampai di web browser, halaman “pertama.html” akan dibaca dan disajikan melalui web browser sesuai dengan kemampuan intepretasi web browser. Misalnya lagi, web browser meminta file “asyik.3gp”, maka web server akan mencari dan mengirimkan pesan lain jika tidak menemukan file tersebut (pesan dengan kode 404 yang berarti file tidak ditemukan).

2 komentar: